Friday, April 1, 2016

PROYEKTOR LCD SEBAGAI ALAT BANTU MENGAJAR SEKOLAH MINGGU

Dijaman yang serba canggih ini, gereja dalam hal ini khususnya sekolah minggu bisa menggunakan peralatan modern sebagai alat bantu mengajar. Proyektor LCD merupakan salah satu jenis alat bantu modern yang dapat digunakan. Proyektor LCD alat yang dapat digunakan untuk menampilkan video, gambar, atau data dari komputer pada sebuah layar atau sesuatu dengan permukaan datar seperti tembok, dsb. Proyektor jenis ini merupakan jenis yang lebih modern dan merupakan teknologi yang dikembangkan dari jenis sebelumnya dengan fungsi sama yaitu Overhead Projector (OHP) karena pada OHP datanya masih berupa tulisan pada kertas bening.
Dalam proses belajar mengajar (termasuk mengajar di kelas Sekolah Minggu) penggunaan media sangat berpengaruh besar dalam pencapaian hasil belajar yang diinginkan sesuai dengan tujuan pembelajaran yang telah digariskan. Untuk itu seorang guru tidak hanya dituntut menguasai bahan pelajaran tetapi juga terampil menggunakan media dalam proses belajar mengajar tersebut. Salah satu alasan penggunaan media pembelajaran adalah terkait dengan manfaat media pembelajaran bagi keberhasilan belajar mengajar di kelas. Media yang dipergunakan tentunya disesuaikan dengan materi dan tujuan pembelajaran itu sendiri, sebab tidak semua media cocok untuk setiap jenis materi pelajaran.
Demikian pula jika Proyektor LCD ini digunakan di kelas sekolah minggu di gereja. Seorang Guru SM minggu tidak hanya bisa mengusai bahan pengajaran, namun juga harus mampu menguasai alat canggih ini. Sebetulnya tidak perlu "expert" untuk menggunakan alat ini, cukup mengetahui penggunaan alat ini dan media yang digunakan agar dapat menunjang proses pengajaran di sekolah minggu.
Persoalannya, seringkali gereja maupun pengurus sekolah minggu hanya bisa membelikan alat ini tetapi tidak ditunjang dengan pelatihan khusus penggunaan proyektor LCD tersebut bagi guru-guru sekolah minggu, sehingga masih banyak kesulitan yang menggunakan. Oleh karena itu dalam tulisan pendek ini, saya ingin mengajak kepada gereja agar dapat mengoptimalkan penggunaan proyektor LCD (bagi yang sudah membeli) bagi yang belum dapat mempersiapkannya.
Hal-hal yang dapat dilakukan untuk penggunaan proyektor LCD dalam kelas Sekolah Minggu adalah:
  1. Ruang Sekolah Minggu harus dipersiapkan untuk penggunaan proyektor LCD, supaya tidak mengurangi tempat dan kenyamanan baik bagi guru sekolah minggu maupun anak-anak sekolah minggu
  2. Pembinaan terhadap guru-guru sekolah minggu dalam pemakaian dan hal-hal teknis (sekalipun sederhana) yang berhubungan dengan pengajaran sekolah minggu seperti misalnya pengoprasian Proyektor LCD, pengoprasian Laptop atau komputer, sistem operasional pengajaran yang hendak dipakai (Power point, video, aplikasi gambar, dsb).
  3. Mempersiapkan bahan-bahan mentah menjadi bahan siap pakai yang dapat ditampilkan dilayar LCD.
Melalui 3 poin sederhana diatas, akan ada banyak manfaat yang diraih dari penggunaan proyektor LCD sebagai alat bantu mengajar sekolah minggu, diantaranya :
  • Bantuan Visual. LCD proyektor memungkinkan guru SM  memberikan beragam konten untuk semua anak di kelas sekaligus, memungkinkan anak untuk memiliki pengalaman belajar visual dan berwarna-warni saat pelajaran diberikan. Proyektor ini sempurna untuk Guru SM yang berorientasi visual karena mereka membantu membuat konsep-konsep abstrak lebih mudah dipahami.
  • Sebagai Alternatif mengajar. Dengan tidak memaksa seorang guru SM hanya mengandalkan buku, proyektor multimedia membuat informasi pendidikan lebih tersedia untuk anak. Hal ini merupakan perubahan kebiasaan konvensional dan ritual di dalam kelas.  
  • Membuat mengajar lebih mudah dan lebih baik. Anak dapat lebih fokus belajar karena melihat satu layar besar tanpa kesulitan. LCD proyektor telah membuat pengajaran mata pelajaran yang berhubungan dengan internet dan demonstrasi aplikasi baru perangkat lunak jauh lebih mudah, meningkatkan kesadaran dan dapat menarik perhatian anak sehingga dapat meningkatkan motivasi belajar anak. 
  • Lebih Efektif dan Efisien. Dengan menggunakan LCD Proyektor, waktu yang digunakan untuk mengajar tidak terbuang sia-sia hanya untuk menulis di papan tulis, dan membuat catatan. Selain itu kualitas visual akan lebih nyaman dengan materi yang dapat terlihat dengan jelas di banding dengan menulis di papan tulis. Hal inilah yang dapat membuat waktu belajar menjadi efektif, dan suasana belajar mejadi efisien.  
  • Ramah Lingkungan. Karena LCD Proyektor hanya menggunakan tenaga listrik, maka dapat dikatakan sangat ramah lingkungan dari pada menulis di whiteboard dengan spidol, atau menulis di papan tulis dengan kapur. Selain tidak mencemari lingkungan yang akibatnya dapat mengganggu kesehatan, LCD Proyektor juga ramah lingkungan, bisa digunakan kapan saja dan dimana saja dengan praktis dan cepat.
  • Membiasakan peserta didik dengan teknologi. Secara tidak langsung, penggunaan LCD Proyektor dapat mendidik anak agar lebih mengeluarkan ide-ide kreatifnya dalam penggunaan teknologi. Yang dapat berguna bagi perkembangan dirinya di era modernisasi yang semakin berkembang. (Sumber : https://friscayuliansari.wordpress.com/2015/01/15/implementasi-lcd-proyektor-dalam-pembelajaran-di-sekolah/
Masih banyak manfaat yang dapat dikembangkan oleh sekolah minggu dalam penggunaan proyektor LCD, namun yang terpenting  gereja harus mempersiapkan dan membina guru-guru sekolah minggu sebagai bagian pembinaan yang berkesinambungan. 

0 comments:

Post a Comment